Pemprov DKI Gelar Puncak Hari Disabilitas Internasional 2023, Ajak Ciptakan Masyarakat Inklusif

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat Dinas Sosial DKI Jakarta menginisiasi acara Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang diselenggarakan di Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta Utara.

Acara ini bertemakan ‘Bersatu Dalam Aksi Mencapai SDGs, Untuk, Dengan, Oleh Penyandang Disabilitas’.

Turut hadir Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Premi Lestari, serta 1.500 penyandang disabilitas dan pendamping yang ada di panti disabilitas milik Pemerintah maupun Swasta, Organisasi Sosial dan Lembaga Kesejahteraan Sosial di Provinsi DKI Jakarta.

Dalam acara tersebut, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov DKI, Bank DKI turut mendukung pemberdayaan UMKM milik penyandang disabilitas lewat bantuan modal pengembangan usaha.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul wicaksono meyakini setiap individu termasuk penyandang disabilitas punya potensi dan hak untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan sosial.  

“Kami percaya bahwa setiap individu, termasuk penyandang disabilitas, memiliki potensi dan hak untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan sosial. Oleh karena itu, Bank DKI berupaya untuk memberikan dukungan nyata agar mereka dapat meraih potensi maksimalnya,” ujar Amirul dalam keterangannya, Kamis (14/12/2023).

Bantuan usaha bagi UMKM milik penyandang disabilitas ini bertujuan agar mereka mendapat kesempatan luas untuk berkembang dan bersaing di pasar.

Pada kesempatan itu Bank DKI juga menyalurkan bantuan Rp100 juta mencakup alat, seperti kursi roda elektrik, tongkat netra, alat bantu dengar, kruk, hingga teleskop monocular untuk penyandang disabilitas di Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Yayasan Berdaya Menembus Batas.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi berharap dukungan pihaknya ini dapat memberikan dampak positif terhadap kehidupan penyandang disabilitas, khususnya di DKI Jakarta.

Arie turut mengajak serta masyarakat, pelaku bisnis, dan pihak terkait lainnya untuk bersama-sama mendukung upaya penciptaan masyarakat yang adil, setara, dan inklusif.

Baca juga: Dorong Literasi Saham dan Investasi, Bank DKI Ikut dalam Capital Market Summit & Expo 2023

“Melalui langkah-langkah ini, kami berharap dapat membuka peluang baru, meningkatkan kualitas hidup, dan mengurangi disparitas yang masih ada dalam akses dan dukungan bagi penyandang disabilitas,” katanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *